Jelang Pemilu, Partai Koalisi Akan Semakin Cari Keuntungan Sendiri

Illustrasi

Partai-partai politik yang tergabung dalam koalisi pemerintah bersama Partai Demokrat diyakini akan semakin mencari keuntungan sendiri-sendiri menjelang pemilu. Fondasi koalisi itu sejak awal dinilai semata pragmatis tanpa daya rekat kuat.

“Terlebih menjelang pemilu, bisa saja mereka tak lagi sesuai dengan partai penguasa. Dengan cara ini, mereka berharap dilihat sebagai pihak yang kritis terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai tidak pro-rakyat,” kata Ridho Himawan Hanafi dari Soegeng Sarjadi Syndicate, Kamis (26/12/2013) malam.

Ridho mengatakan, koalisi yang digalang Partai Demokrat tak punya kesamaan pandangan yang jelas untuk mendukung pemerintahan. Ke depan, ujar dia, koalisi tetap akan berjalan, tetapi suasananya akan semakin canggung.

Menurut Ridho, para anggota koalisi akan terus mencari celah mendapatkan simpati konstituen. “Mereka akan mencari momentum politik yang memberikan insentif bagi keuntungan elektoral masing-masing,” ucapnya.

Seperti diberitakan, Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengungkapkan kekecewaan terhadap Partai Amanat Nasional dan Partai Kebangkitan Bangsa terkait Tim Pengawas Century. Kedua partai itu mengambil posisi berseberangan dengan Partai Demokrat saat penentuan perpanjangan masa kerja tim tersebut.

Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera juga mengambil posisi berseberangan dengan pemerintah soal Tim Pengawas Century. Hanya PPP, partai dalam koalisi pemerintah yang satu pandangan dengan Partai Demokrat saat pemungutan suara soal penentuan masa kerja tim itu.

Sumber: Kompas.com 27/12/13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s