Artis, Diburu Saat Pemilu, “Dagelan” Sesudah di Senayan

Artis Cantik Yang Bakal Jadi Caleg Pemilu 2014 - Coblos.com
Artis Cantik Yang Bakal Jadi Caleg Pemilu 2014 – Coblos.com

Sistem demokrasi membuat partai politik berlomba-lomba meningkatkan perolehan suara dalam pemilu legislatif. Salah satu cara instan yang kerap digunakan adalah merekrut artis populer. Namun, kapabilitas para artis ini sebagai legislator pun dipertanyakan.

“Kita lihat, artis yang cukup bersuara vokal dan kinerjanya bagus hanya sedikit. Tapi mayoritas artis itu tidak ada suaranya, bahkan beberapa artis terseret kasus korupsi,” kata pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah, Zaki Mubarok, seusai diskusi bertema “Politisi Artis vs Politisi Aktivis” di kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (25/2/2014).

Zaki tak memungkiri bahwa sebagian artis yang menjadi wakil rakyat memiliki kompetensi bagus. Namun, ujar dia, mereka yang vokal saat sidang bukanlah artis biasa, melainkan artis yang memiliki latar belakang akademis.

Caleg cantik 2014 versi KASKUS
Caleg cantik 2014 versi KASKUS

“Nurul (Arifin), dia kuliah ilmu politik. Rieke Dyah Pitaloka, dia ngambil ilmu sosial. Mereka punya background yang melengkapi,” ujar Zaki. Persoalannya, kata dia, justru datang dari sebagian artis yang tidak memiliki latar belakang akademis.

Zaki menyebut mereka yang berkinerja minimal sebagai sisi dagelan artis politik. Menurut dia, pelatihan singkat yang diberikan parpol kepada artis selama ini dianggap tidak mencukupi untuk meningkatkan kompetensi artis yang belum kapabel.

Karenanya, Zaki menyarankan partai politik agar mendukung artis yang diusungnya dengan staf ahli yang berkualitas. “Mereka kebanyakan dilepas. Padahal, yang kerja banyak staf ahlinya ini. Saya berharap partai-partai yang menaruh artis di caleg harus dikawal oleh staf ahli yang bagus. Karena kalau tidak, jadi panggung dagelan,” ujar dia.

Sumber: Kompas.com 26/2/2014

Juga baca:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s