Tarif Survei MUI US$ 5.700

Surat permintaan biaya akomodasi dari LPPOM MUI kepada Halal Food Authority saat berkunjung ke London, Inggris. Istimewa - TEMPO
Surat permintaan biaya akomodasi dari LPPOM MUI kepada Halal Food Authority saat berkunjung ke London, Inggris. Istimewa – TEMPO

 

Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Makanan (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia, Lukmanul Hakim, menyatakan lembaga pemberi sertifikasi halal di luar negeri yang ingin mendapatkan perizinan dari MUI harus memberikan ongkos perjalanan.

“Ini logika saja, yang mau disertifikasi siapa, yang mau diaudit siapa. Ya, mereka yang membayari tiket, visa, dan lain-lainnya,” kata Lukman kepada Tempo, Kamis, 26 Februari 2014, seusai jumpa pers mengenai produk halal di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam aturan MUI, biaya survei untuk meninjau lembaga halal yang akan diakui MUI di luar negeri sebesar US$ 115 per auditor per hari. Namun, dalam sebuah surat, Lukman meminta lembaga halal di Eropa menyediakan anggaran lebih dari itu, yakni US$ 5.700 per lembaga untuk kunjungan selama satu hari.

Lukman mengakui pernah mengirim surat tersebut untuk biaya tiket, visa, pajak bandara, transportasi lokal di Indonesia plus hotel, penjemputan, dan akomodasi selama kunjungan.

Menurut Lukman, permintaan tersebut bukan hal yang aneh. Uni Emirat Arab juga memperlakukan hal sama. “Itu pembiayaan akreditasi, tak dibayarkan ke MUI,” katanya. Masalahnya, dalam surat tersebut, rekening untuk transfer adalah nomor resmi LPPOM.

Selain survei, MUI juga mengaudit lembaga-lembaga pemberi label halal kepada produsen makanan dan minuman di luar negeri. Audit, seperti di Australia, dilakukan dua tahun sekali. Semua ongkos selama kunjungan itu ditanggung lembaga yang akan diaudit.

Sumber: Tempo.co, 27/2/2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s