Survei Kompas, Prabowo Layu Sebelum Berkembang?

Tren dukungan dalam tiga survei yang digelar Kompas selama 2012-2013, mendapatkan dukungan untuk Prabowo Subianto yang tinggi pada survei pertama dan melonjak pada survei kedua, justru anjlok pada survei ketiga
Tren dukungan dalam tiga survei yang digelar Kompas selama 2012-2013, mendapatkan dukungan untuk Prabowo Subianto yang tinggi pada survei pertama dan melonjak pada survei kedua, justru anjlok pada survei ketiga

Sempat menjadi kompetitor terdekat menyaingi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di jajaran nama yang mendapat dukungan untuk diusung pada Pemilu Presiden 2014, Prabowo Subianto justru harus mendapatkan penurunan suara signifikan dalam survei Kompas per Desember 2013.

Kompas menggelar tiga survei untuk menjajaki peluang para tokoh yang akan melaju pada Pemilu Presiden 2014. Periode survei adalah Desember 2012, Juni 2013, dan Desember 2013. Berdasarkan ketiga survei, dukungan tinggi untuk Prabowo pada periode pertama yang meningkat pada periode kedua, justru turun drastis pada periode ketiga.

Pada survei pertama Desember 2012, dukungan untuk Prabowo berada pada posisi terdekat dengan Jokowi. Saat Jokowi meraup dukungan 17,7 persen, Prabowo mengumpulkan 13,3 persen dukungan dari 1.400 responden di 33 provinsi.

Dukungan untuk Prabowo pun melaju kencang pada survei kedua, Juni 2013, dengan 15,1 persen dukungan. Meski berselisih besar dengan dukungan untuk Jokowi yang saat itu meraup 32,5 persen suara, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini masih menjadi kompetitor berat.

Namun, survei ketiga yang digelar Kompas pada Desember 2013, justru mendapatkan suara Prabowo anjlok hingga di bawah perolehan dukungan awal untuknya. Prabowo hanya mencatatkan dukungan 11,1 persen responden.

Tiga survei yang digelar Kompas mendapatkan dukungan signifikan untuk enam kandidat berlaga di Pemilu Presiden 2014. Selain Prabowo dan Jokowi, empat kandidat lain adalah Aburizal Bakrie. Wiranto, Megawati Soekarnoputri, dan Jusuf Kalla. Hasil survei selengkapnya dapat dibaca di Harian Kompas edisi Rabu (8/1/2014).

Sumber: Kompas.com 08/01/14

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s