SBY: Ada Yang Tak Waras Kaitkan Saya dengan Konspirasi

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono rupanya terusik dengan sebuah kabar tak sedap yang disiarkan sebuah stasiun Televisi Swasta  terkait pertemuannya dengan Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani. Tanpa menyebut secara spesifik, ia mengatakan televisi itu malah menyebutkan adanya konspirasi terkait kasus Bank Century antara dirinya dengan mantan anak buahnya itu.

“Saya tidak mendengar langsung tetapi konon disebuah televisi dikatakan, kalau itu benar yang disampaikan kepada saya, itu (pertemuan) dalam rangka konspirasi Century.” kata SBY di Istana Negara, Rabu 9 November 2011. ” Saya kira ini ada yang tidak waras,”

“Kebijakan pemerintah terhadap Century sudah jelas, hukum ditegakkan tetapi jangan dicampurkan dengan politik. Silahkan, penegak hukum bekerja, Kejaksaan, Kepolisian, KPK” ujarnya “Dinegeri ini gampang kalau salah dihukum diberikan sanksi, kalau tidak salah ya tak usah diberikan sanksi’.

SBY pun memaparkan tujuan dan maksud kedatangan Sri Mulyani yang didampingi beberapa pejabat Bank Dunia lainnya. Menurut dia, mantan menteri keuangan itu berkunjung ke Indonesia untuk menghadir pertemuan menteri-menteri keuangan ASEAN dan investor di Jakarta.

Seperti biasa, jika ada pejabat dari organisasi internasional datang ke Indonesia mereka umumnya menyempatkan waktu untuk bertemu dengan dirinya selaku presiden RI. “Membahas kerjasama diantara lembaga internasional itu dengan Indonesia,”kata dia.

SBY mengingatkan bahwa dirinya tak ingin isu ini terus berlanjut sampai generasi berikutnya. Ia meminta semua pihak melihat dengan jernih konteks pertemuan tersebut. Apalagi dalam pertemuan itu, Sri Mulyani didampingi pejabat Bank Dunia lainnya.

“Langsung dianggap konspirasi Century. Ini tidak waras sama halnya ketika saya dapat pesan sms waktu menghadiri HUT Golkar” ujarnya. ” Beberapa  saat lalu langsung dihantam seolah-olah mendukung Lapindo dalam arti dianggap konspirasi lapindo. Saya kira ini tidak waras,”

Ia pun kembali menjelaskan soal kedatangannya saat ulang tahun Partai  koalisi pemerintah itu. Menurutnya saat undangan partai khususnya koalisi, ia selalu menyempatkan hadir. “Tetapi forumnya terbuka. Pidato saya bisa didengar oleh rakyat, juga didengar oleh publik. Kebijakan pemerintah terkait penyelesaian lumpur Siodarjo juga jelas apakah tanggung jawab pemerintah, apa tanggung jawab Lapindo. Mari kita dudukan segala sesuatunya dengan benar,”ujarnya menyesalkan.

“Jadi ada yang tidak waras, saya datang dianggap konspirasi Lapindo. Wong semuanya terang benderang disitu. Politik dan demokrasi di negeri ini sebenarnya bisa lebih sehat dan matang berpulang dari kita semua, bagaimana membawa negeri ini menuju yang lebih bermartabat,”tambah dia.

MUNAWWAROH

Media Indonesia online 10/11/11

Juga baca:  Kasihan, Citra Politik Santun SBY Akhirnya Pudar oleh Diri Sendiri

Edit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s