PBB: Koalisi Parpol Islam Sudah Usang

ipr_mskaban_pbb_kompas131204Gagasan koalisi partai politik (parpol) Islam untuk menghadapi Pemilu 2014 kembali mendapat penolakan dari salah satu parpol Islam, Partai Bulan Bintang (PBB). Ketua Umum PBB, MS Kaban, mengatakan, saat ini gagasan koalisi parpol Islam sudah usang.

“Gagasan koalisi parpol Islam bukan zamannya lagi,” kata Kaban saat menanggapi kemungkinan pembentukan koalisi parpol Islam di Jakarta, Rabu (4/12/2013).

Menurutnya, situasi dan kondisi politik saat ini berbeda dengan situasi dan kondisi politik tahun 1999 saat parpol-parpol Islam membentuk poros tengah. Saat ini, kata mantan Menteri Kehutanan tersebut, parpol-parpol Islam yang dulunya tergabung dalam poros tengah masuk dalam kabinet pemerintahan saat ini.

Kaban mengatakan, meskipun partainya melihat ide koalisi parpol Islam secara positif, PBB tak tertarik untuk bergabung dalam koalisi tersebut. PBB, katanya, lebih menginginkan koalisi bersama tanpa mendikotomikan partai Islam dan partai nasionalistis.

“Dalam melihat persoalan bangsa, yang penting ada kesamaan dalam program-program,” ujar Kaban.

Sebelumnya, PPP menyatakan akan merangkul partai-partai Islam seperti PKB, PKS, PAN, dan PBB untuk bergabung membuat kekuatan baru. PPP yakin koalisi partai Islam bisa menandingi kekuatan PDI Perjuangan, Partai Golkar, dan Partai Demokrat. Meski sudah menyatakan akan membuat koalisi partai Islam, PPP juga belum mau terburu-buru mengusung capres atau cawapres.

Sumber: Kompas.com 04/12/13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s