Jalan Terjal untuk Wujudkan KLB Demokrat

JAKARTA, IPR – Direktur Eksekutif Charta Politica Yunarto Wijaya memprediksi Demokrat tidak akan mengambil langkah hingga pada tahap Kongres Luar Biasa (KLB) dalam menyikapi kasus yang melilit beberapa kader partai belakangan ini.

Ia menegaskan, jika Demokrat tidak akan mengambil risiko lebih jauh dengan melakukan KLB, karena bisa dianggap hanya mengorbankan salah satu faksi. “Sulit dan tidak mungkin. Bahkan saya menghimbau jangan. Karena akan memperburuk situasi, juga bisa dimaknai sebagai pengkhianatan terhadap hasil Kongres,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (6/7).

Ia pun menegaskan, yang perlu dilakukan oleh Demokrat saat ini yakni menghadirkan Nazaruddin ke Indonesia, sehingga bisa diproses secara hukum. Disamping itu, lanjut Yunarto, proses bersih-bersih di demokrat juga tidak bisa hanya dilandaskan pada tudingan Nazaruddin semata.

“Cuci gudang harus didasarkan pada hasil pemeriksaan hukum, jangan hanya tudingan Nazaruddin. Yang nantinya malah menegaskan, pembersihan faksi saja dan terkesan hanya like and dislike semata,” ujar Yunarto.

Ia menegaskan, tidak bisa dimungkiri, kasus Nazaruddin telah memperlihatkan adanya faksi-faksi di Demokrat. Memperlihatkan adanya pihak-pihak yang menari-nari diatas kasus tersebut. “Makanya, apapun sikap yang akan diambil demokrat harus berpijak pada fakta hukum. Jika Rakornas nanti harus menjadi momentum untuk cuci gudang, Demokrat harus segera hadirkan Nazaruddin,” tandasnya.

Partai Demokrat berniat untuk menggelar Rapat Koordinasi Nasional pada Sabtu (23/7) nanti. Dalam Rakornas nanti, direncakanan akan diambil langkah-langkah strategis untuk mengembalikan nama baik partai karena perilaku kader-kadernya yang koruptif.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Kehormatan Amir Syamsudin menegaskan, dalam Rakornas nanti akan banyak keputusan besar yang akan diambil Demokrat.

Akhmad Mustain, Media Indonesia 7 Juli 2011  (Sources >>)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s