Anas Merasa Dizalimi

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum merasa dizalimi dan terus-menerus dipojokkan melalui opini publik terkait proses peradilan terhadap Muhammad Nazaruddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

“Saya bukan terdakwa, bukan tersangka, saksi saja bukan, tetapi diopinikan seolah-olah sudah menjadi terpidana,” kata Anas kepada pers seusai kunjungan kerja untuk panen udang di Indramayu, Jawa Barat, Kamis (27/1/2012).

Anas menyadari bahwa dunia politik kadang keras. Karena itu, dibutuhkan kesiapan lahir dan batin dalam menghadapi lawan-lawan politiknya. Terkait proses peradilan terhadap Nazaruddin, Anas mengharapkan agar penyelesaian persoalan hukum diserahkan kepada proses hukum, bukan politik. Anas berpendapat, politisasi persoalan hukum hanya akan menimbulkan kekeruhan suasana.

“Kita harus konsisten. Kalau memang persoalan hukum, biarlah proses hukum yang menyelesaikan. Kalau persoalan politik diselesaikan secara politik dengan kedewasaan,” katanya.

Mengenai tudingan Nazaruddin mengenai uang yang ditujukan kepada Anas, Anas menyerahkan penyelesaian sepenuhnya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. Begitu juga mengenai kesaksian Yulianis yang menyebutkan ada aliran uang kepada tokoh muda politik itu. Menurut Anas, jika kasus hukum dipertentangkan dengan opini, maka akan muncul peradilan opini.

Mengenai masa depan Partai Demokrat, Anas menjelaskan bahwa partai ini akan sangat tergantung pada keberhasilan pemerintahan saat ini, di mana partai tersebut akan memberi dukungan kepada program-programnya. Masa depan partai juga akan tergantung kepada institusionalisasi partai bagi kader dan masyarakat. Anas yakin bahwa seluruh kader dan tokoh Demokrat tetap solid, kompak, dan berpikir dewasa dalam menyikapi perkembangan terkait isu-isu tertakhir.

 Sumber: Kompas 26 Januari 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s