Mahfud: Koalisi Partai Islam Belum Tentu Mulus

ipr_parpol-islam780x390Wacana koalisi partai Islam semakin mengemuka. Menanggapi wacana itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi sekaligus mantan anggota DPR dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mahfud MD menilai, gagasan itu belum tentu dapat dijalankan dengan mulus.

“Saya belum melihat kemungkinan itu akan mulus. Karena sekarang kan baru lontaran gagasan-gagasan. Dan di antara partai-partai yang disebutkan (partai berbasis Islam) tidak sama pikirannya,” ujar Mahfud di Jakarta Pusat, Minggu (24/11/2013).

Ia mengatakan, tidak semua partai Islam setuju dengan gagasan koalisi berdasarkan ideologi keagamaan. Tetapi, kata dia, ada pula partai Islam yang setuju dan menyatakan tertarik bergabung dalam koalisi.
“Ada yang setuju, ada yang tidak kalau ikut koalisi itu. Tapi kita lihat saja perkembangannya. Setidaknya sudah mulai ada yang menggagas itu,” kata politisi yang menyatakan siap menjadi calon presiden (capres) itu.

Meski ide koalisi partai Islam sudah semakin ramai di publik, ia menilai, sesungguhnya secara ideologis dan organisatoris tidak ada yang disebut partai Islam. “PKB misalnya. Itu partai nasionalis, cuma basis pendukungnya umat Islam, nahdliyin,” kata Mahfud.

Sebelumnya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kembali menggulirkan wacana koalisi partai-partai Islam untuk memenangkan Pemilu 2014 mendatang. Wacana itu ditanggapi dingin Ketua DPP PKB Marwan Ja’far. Menurutnya, saat ini, partai politik dianggap sudah bercampur aliran ideologinya. Dengan demikian, koalisi dengan basis ideologi Islam tak lagi relevan pada masa kini.

“Saya kira dalam konteks sekarang ini tidak relevan antara partai berbasis Islam atau berbasis nasionalis sama saja. Tidak ada relevansi apa pun. Itu dalam konteks politik aliran sebenarnya sudah selesai. Zamannya sudah berbeda,” ujar Marwan di Kompleks Parlemen, Selasa (1/10/2013).

Sumber: Kompas.com 24/11/13

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s