Mayoritas Rakyat Jepang Tolak PLTN

MAYORITAS  rakyat Jepang menentang pembukaan kembali Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, yang saat ini ditutup untuk pemeliharaan. Berdasarkan jajak pendapat oleh surat kabarAsahi, tingkat ketidakpercayaan publik kepada PLTN meninggi setelah terjadi kebocoran di PLTN Fukushima akibat gempa pada 2011.
Sebelumnya, pemerintah Jepang berencana mengaktifkan kembali beberapa PLTN untuk menghindari krisis energi selama musim panas. Saat ini hanya dua dari 54 reaktor nuklir pembangkit listrik yang beroperasi. Dua reaktor terakhir akan jatuh tempo dan harus ditutup untuk pemeliharaan.

Menteri Perdagangan Yukio Edano mengatakan bulan ini tak satu pun reaktor nuklir di Jepang dapat kembali beroperasi pada musim panas nanti. Akibatnya, negara itu menghadapi kekurangan pasokan listrik 10 persen saat jam-jam sibuk.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan selama akhir pekan, 57 persen responden menentang pengaktifan kembali reaktor nuklir dan 80 persen tidak percaya langkah-langkah keamanan pemerintah.

Kekhawatiran publik terhadap PLTN melonjak setelah gempa tahun lalu melumpuhkan PLTN Daiichi di Fukushima, 240 kilometer timur laut Tokyo, dan memicu bencana terburuk sejak Tragedi Chernobyl tahun 1986.

Setelah bencana Fukushima, Jepang mengatakan akan mengurangi ketergantungannya pada nuklir–yang sebelum krisis menyumbang 30 persen dari kebutuhan listrik–dalam jangka menengah hingga jangka panjang. Berkurangnya pasokan listrik tenaga nuklir telah memaksa Jepang mengimpor lebih banyak minyak dan gas alam, terutama yang cair (LNG), untuk mengatasi kesenjangan itu.

TRIP B | REUTERS

Sumber: Tempo 14 Maret 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s