Ini Tantangan untuk Presiden Setelah SBY

ipr_kastoriussinagaKepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan berakhir Oktober mendatang. Partai Demokrat mengatakan, selama sepuluh tahun, selain memiliki capaian, ada pekerjaan rumah yang menjadi tantangan bagi presiden selanjutnya yang menggantikan SBY.

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Kastorius Sinaga, dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (2/3/2014). “Yang pertama adalah disparitas atau kesenjangan ekonomi antara kelompok kaya dan kelompok miskin,” katanya.

Kastorius mengakui, pertumbuhan ekonomi di era SBY menciptakan fenomena ketimpangan ekonomi. Di satu sisi, rakyat semakin makmur, tetapi di sisi lain, masih banyak masyarakat yang miskin.

Pemerintah, kata dia, sudah berupaya untuk mengatasi ketimpangan itu lewat berbagai program bantuan sosial, kredit usaha rakyat, dan sebagainya. “Tapi itu masih kurang,” ucap anggota Komisi I DPR RI itu.

Tantangan kedua, ujar Kastorius, adalah sistem presidensial rasa parlementer. Dia mengatakan, dengan sistem politik Indonesia seperti sekarang ini, partai politik sulit untuk membangun single-majority di parlemen.

“Persoalannya, koalisi saat ini belum terlembaga dengan baik. Jadi siapa pun presidennya nanti akan menghadapi kegamangan ini,” katanya.

Tantangan yang ketiga, kata dia, adalah persoalan otonomi daerah. Ia mengatakan pola hubungan kekuasaan pusat dan daerah di era desentralisasi membutuhkan sosok pemimpin yang berwibawa.

Kastorius menambahkan, tantangan lain yang harus dihadapi presiden mendatang adalah keberadaan kelas menengah. Menurutnya, kelas menengah Indonesia dikenal kritis dan memiliki harapan yang tinggi.

“Jadi pemerintahan ke depan harus melayani dan memenuhi ekspektasi mereka yang tinggi,” tandasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s