Ihwal Jilbab, Perempuan Turki Pilih Unjuk Rasa

Anggota parlemen Turki dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) Nurcan Dalbudak mendapat sambutan hangat dari rekan-rekannya sesama politisi di gedung parlemen Turki, Kamis (30/10/2013). Ini adalah pertama kalinya sejumlah anggota parlemen Turki diperkenankan mengenakan jilbab di dalam sebuah sesi sidang. | KOMPAS

Awalnya, pada Oktober 2013, pemerintahan Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan memperkenankan perempuan wakil rakyat mengenakan jilbab di Parlemen Turki. Kebijakan itu pun menuai protes, khususnya dari kalangan sekuler. Meski mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, Turki, pascareformasi tokoh nasional Kemal Ataturk pada 1934 memang terbuka terhadap sekularisme. Salah satu kebijakan peninggalan Kemal Ataturk adalah Turki tidak menyebut dirinya negara Islam tetapi proaktif mendukung kegiatan berkaitan dengan agama.

Warta Xinhua pada Minggu (17/11/2013) menunjukkan kalau para perempuan Turki menghelat demo di tiga kota yakni Istanbul, Ankara, dan Izmir. Pada intinya, para perempuan menentang kebijakan penguasa.

Di Turki, kini, Partai Pembangunan dan Keadilan memimpin pemerintahan. Sementara, unjuk rasa kali ini diselenggarakan oleh Partai Pekerja serta beberapa organisasi perempuan.

Para pengunjuk rasa saat menyalurkan aspirasi mereka membawa slogan menyerukan kebangkitan perempuan. “Kami tidak akan membiarkan pemerintah mewujudkan keinginannya,”kata Sekretaris Jenderal Partai Pekerja Urusan Perempuan Pinar Gul.

Kebijakan pemerintah, menurut para pendemo, bakal berpengaruh pada masa depan Republik Turki berikut sekularismenya. Kelompok pendukung Kemal Ataturk mengatakan kalau parlemen Turki adalah parlemen Republik Turki. “Parlemen Turki bukan parlemen sebuah negara Islam,”kata seorang pemrotes, Sacide Dikkaya di Istanbul.

Selanjutnya, para pemrotes juga mengatakan kalau jilbab bukanlah lambang agama, terkait kebijakan tersebut. Menurut mereka, hal itu adalah petunjuk soal pandangan politik tertentu.

Sumber: Kompas.com 17/11/13

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s