Gagal Bangun Kesejahteraan, Indonesia Berpotensi Konflik seperti Mesir

ipr_mahfud MD

Bakal calon presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mahfud MD menilai, Indonesia telah gagal membangun kesejahteraan. Kondisi ekonomi Indonesia, menurutnya, dalam keadaan berbahaya. Jika tidak segera diatasi, Mahfud menilai Indonesia akan berpotensi konflik seperti Mesir atau Tunisia.

“Kita dalam situasi yang berbahaya dalam ekonomi. Dalam kondisi seperti ini, kita bisa seperti Mesir dan Tunisia. Kita akan gampang sekali diprovokasi untuk jatuh dan sulit bangkit kembali,” kata Mahfud dalam diskusi Menyongsong Satu Abad Nahdlatul Ulama di Jakarta, Rabu (12/3/2014) malam.

Mahfud memprediksi, risiko itu akan terjadi bila rasio gini Indonesia sudah melebihi 0,50 persen. Rasio gini adalah indeks yang menunjukkan tingkat ketimpangan pendapatan antara orang kaya dan orang miskin. Semakin besar angka indeks tersebut, semakin lebar ketimpangan yang terjadi.

Mahfud menjelaskan, pada awal reformasi rasio gini Indonesia masih kecil, yakni hanya 0,20 persen. Namun, entah bagaimana, angka tersebut terus naik dari waktu ke waktu. “Setiap tahun rasio gini ini naik, 2012 sudah 0,39 persen dan 2013 sudah 0,41 persen. Kalau sudah melewati 0,50, negara itu akan jatuh. Itu teorinya,” ujar dia.

Selain tingginya rasio gini, Mahfud juga mengkhawatirkan banyaknya orang miskin di Indonesia. Dia menjelaskan, berdasarkan data yang didapatkannya di Badan Pusat Statistik, penduduk miskin di Indonesia hanya berjumlah 28 juta jiwa.

Namun, menurut angka yang dirilis Bank Dunia, terdapat 108 juta orang miskin di Indonesia. “Jadi, ini tingkat mengukurnya berbeda, sebenarnya banyak orang miskin di Indonesia ini,” ujar dia.

Hal yang lebih memprihatinkan lagi, menurut Mahfud, adalah utang luar negeri Indonesia. Dia menyebutkan utang luar negeri Indonesia sekarang sudah lebih dari Rp 2.400 triliun.

Jumlah utang itu, kata Mahfud, jelas memprihatinkan karena APBN Indonesia hanya Rp 1.800 triliun. “APBN kita lebih kecil dari utangnya, bagaimana kalau seperti ini terus?” kata dia.

Sumber: Kompas.com, 13/3/2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s